01 Oktober 2009

Do what’s right

//Kegagalan//
Kegagalan identik dengan suatu tindakan yg tidak berhasil.
Sebagian dari kita pernah mengalaminya. Saat belajar berdiri, belajar berjalan, belajar berucap. Meskipun pada saat kecil kita belum mengenal apa itu kegagalan.
Ada yg kecewa, menangis, putus asa, melarikan diri, dan frustasi. Tapi dalam kondisi seperti ini tindakan yg paling bijak adalah tidak kaget, dan hadapi kegagalan tersebut dg tangan terbuka.
Hal ini tentu bertambah sulit dan berat. Diperlukan kemauan keras yg tidak mudah diguncang musibah dan kesulitan.
Tidak selalu kegagalan adalah hal negatif, gagal membuat kita tahu apa yang seharusnya kita lakukan dan apa yang tidak boleh kita lakukan. Kegagalan itu adalah sukses bila kita belajar dari kegagalan tersebut. Kegagalan bukanlah aib yg memalukan, tapi lebih berupa pengingat kita agar bisa menjadi lebih baik.
Tak perlu takut gagal, yg kita perlukan yaitu terus belajar untuk mencapai keberhasilan. Belajar adalah suatu investasi yang bisa diambil hasilnya kelak, tapi kalau dibiarkan begitu saja maka investasi tersebut akan hilang. Ketika harus jatuh, jatuhlah, tapi segeralah bangun kembali.
Janganlah mencari pembenaran (justify) untuk diri sendiri, beralasan (excuse) dan menyalahkan (blame) segala sesuatu dan siapa saja di sekitar. Butuh kesabaran, kerja keras dan pengharapan kepada Tuhan, yakin dan percayalah pasti kita bisa melaluinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar